Apakah Anda berminat untuk belajar membuat lukisan? Jika iya, maka Anda harus mampu memilih mana saja cat yang cocok untuk lukisan. Pada umumnya, cat yang digunakan adalah acrylic, cat minyak, cat warna, dan pastel. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Jenis-jenis Cat Untuk Lukisan

Pada umumnya, ada 4 jenis cat yang sering digunakan untuk membuat lukisan. Artikel ini akan membahas keempat jenis cat tersebut. Semoga dapat membantu Anda untuk memilih cat untuk lukisan.

1. Cat Acrylic

cat untuk lukisan

Cat Acrylic sumber: jerrysartarama.com

Cat ini memiliki sifat sangat mudah mengering, sehingga sangat cocok digunakan pada medium kertas dan kanvas. Kekurangan menggunakan cat acrylic adalah sangat sulit dibersihkan mengingat sifatnya yang tahan air. Kendati demikian, cat acrylic sangat cocok digunakan untuk membuat mural dan lukisan wajah.

2. Cat Minyak

cat-minyak

Cat Minyak
sumber: davidcunningham.com

Penggunaan cat minyak dimulai pada abad 12, awalnya cat minyak hanya digunakan sebagai dekorasi rumah pada masa itu. Cat minyak mulai digunakan sebagai medium kesenian pada abad 15. Berbeda dengan cat acrylic yang dibahas sebelumnya, cat minyak memiliki karakter yang sulit mengering. Dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencampur warna.

Kendati demikian, cat minyak merupakan cat yang cukup digemari oleh para seniman  karena memiliki warna gelap dan bervariasi. Terlebih jenis cat ini sangat mudah ditemui di banyak toko alat tulis.

3. Cat Air

cat-air

Cat Air
sumber: davinciartistsupply.com

Cat air yang mempunyai nama lain aquarel mulai ditemukan di Tiongkok pada tahun 100 Masehi. Namun penerapannya pada seni lukis dimulai di Eropa dengan menggunakan teknik fresko atau teknik melukis pada dinding.

Dibanding cat yang lain, cat air memiliki karakter yang lebih transparan, sehingga sangat sulit untuk merevisi atau menutupi kesalahan kerja dengan cat air. Kendati demikian, keuntungan di dalam menggunakan cat air adalah harganya yang relatif murah dibanding cat lukis lainnya.

4. Pastel

pastel

Pastel
sumber: artforkidshub.com

Penggunaan pastel dimulai pada tahun 1495 oleh salah seorang polymath bernama Leonardo da Vinci. Jika dilihat secara material, pastel merupakan kumpulan serbuk yang direkatkan menjadi batangan, kemudian batangan ini akan mengecil jika digosokkan ke dalam kertas.

Pastel merupakan pewarna yang memiliki ragam yang luas. Keuntungan menggunakan pastel untuk membuat lukisan adalah tidak dibutuhkan waktu untuk menunggu warnanya mengering, namun pastel juga memiliki kelemahan yaitu sangat rawan terhadap getaran.

Penutup

Tulisan diatas adalah rekomendasi cat untuk lukisan dari jurusket.com. Seperti yang tertulis di paragraf pertama, masing-masing cat memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, jenis cat manakah yang cocok untuk Anda? Silakan tinggalkan jawaban di kolom komentar.

Dapatkan Informasi Diskon dan Update Blog Terbaru

Daftarkan email Anda sekarang

Kami menghargai privasi Anda

Categories: Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Post

Panduan Memilih Kuas Lukis Untuk Pemula

Sebagian besar orang pasti telah mengetahui bahwa kuas merupakan peralatan wajib yang dimiliki seorang pelukis. Namun sangat sedikit yang mengetahui bahwa terdapat bermacam-macam kuas lukis, dimana masing-masing jenis memiliki karakter dan keunikan masing-masing. Hal ini Read more…

Post

7 Langkah Meningkatkan Kemampuan Menggambar

Salah hal fundamental di dalam penciptaan karya seni adalah menggambar. Terlepas kita berprofesi sebagai pelukis, pemahat, atau pembuat sketsa, menggambar merupakan salah satu proses kerja yang terlibat di dalamnya. Celakanya beberapa orang menganggap dan mengamini Read more…

Post

Pensil Untuk Sketsa (Rekomendasi Memilih Pensil Untuk Pemula)

Menggambar sketsa merupakan aktivitas yang menyenangkan, selain membantu melatih fungsi ingatan, aktivitas ini juga nyaris dapat dilakukan oleh siapa saja dan tidak membutuhkan peralatan yang mahal. Di dalam membuat sketsa, peranti yang digunakan memiliki pengaruh Read more…