Sebagian besar orang pasti telah mengetahui bahwa kuas merupakan peralatan wajib yang dimiliki seorang pelukis. Namun sangat sedikit yang mengetahui bahwa terdapat bermacam-macam kuas lukis, dimana masing-masing jenis memiliki karakter dan keunikan masing-masing. Hal ini yang disadari oleh kami, untuk itu, kami menulis artikel ini sebagai panduan kepada pembaca (terutama pelukis pemula) agar lebih berhati-hati di dalam memilih kuas lukis, karena seperti yang telah ditulis pada awal paragraf ini, kesalahan memilih kuas lukis dalam berujung pada kualitas hasil lukisan.

Anatomi Kuas Lukis

Jika manusia memiliki anatomi tubuh, demikian juga dengan kuas lukis. Kuas lukis terbagi menjadi 4 bagian, dimana tiap-tiap bagian akan dipaparkan pada tulisan dibawah:

anatomi kuas lukis

sumber: art-is-fun.com

Bristles

Bristles merupakan bagian ujung kuas lukis yang berbentuk seperti rambut. Pada umumnya, bristles terbuat dari bahan natural, sintetik, atau penggabungan dari keduanya.

Ferrule

Ferrule merupakan penghubung antara bristles dengan handle. Umumnya ferrule terbuat dari logam atau kuningan.

Crimp

Merupakan bagian dari ferrule, fungsinya untuk memastikan ferrule dan handle tidak mudah terpisah.

Handle

Handle merupakan bagian kuas yang berfungsi sebagai pegangan tangan pada kuas. Pada umumnya, handle kuas terbuat dari kayu.

Jenis-jenis Kuas Lukis

Setidaknya terdapat 8 jenis kuas lukis yang beredar diluar sana, pada tulisan dibawah, kami akan memaparkan jenis-jenis kuas lukis beserta fungsinya.

Round

kuas lukis round

sumber: thoughtco.com

Kuas ini sangat cocok untuk sketching, outlining, memberi warna untuk area kecil, atau untuk menciptakan garis tipis.

Pointed Round

kuas lukis pointed round

sumber: amazon.com

Dilihat dari bentuknya, kuas ini mempunyai bentuk yang lebih rucing dibanding kuas jenis round. Kuas ini sangat cocok untuk membuat garis kecil dan spotting.

Flat

kuas lukis flat

sumber: alibaba.com

Kuas ini mempunyai bentuk bristles yang nyaris menyerupai kotak. Pada umumnya kuas jenis flat cocok digunakan untuk membuat garis tebal, dan memberi warna untuk area yang agak luas.

Bright

kuas lukis bright

sumber: vunder.ee

Sepintas kuas ini agak mirip dengan kuas flat namun mempunyai bentuk kurva pada bagian bristles. Biasanya kuas ini kerap digunakan untuk teknik short controled stroke.

Filbert

kuas lukis filbert

sumber: utrecthtart.com

Kuas ini memiliki bentuk oval pada bagian bristles, kuas filbert sangat cocok untuk mempertebal garis yang terlalu tipis.

Fan

kuas lukis fan

sumber: utrecthtart.com

Seperti namanya, kuas ini memang berbentuk seperti kipas. Dilihat dari bentuknya, sudah dapat diprediksi bahwa kuas ini sangat cocok untuk membuat membuat arsiran.

Angular Flat

kuas lukis angular flat

sumber: turbosquid.com

Kuas ini mempunyai bentuk runcing pada salah satu sudut bristles, dengan ujung bristles yang seruncing itu kita dapat menjangkau bagian-bagian yang sulit dijangkau oleh kuas fan atau flat.

Detail Round

kuas lukis detail round

sumber: aliexpress.com

Kuas ini mempunyai bentu bristles yang sangat kecil, sebagai konsekuensinya, dengan kuas ini kita dapat menjangkau objek-objek yang sangat kecil. Sekadar informasi, kuas jenis ini kerap kami gunakan untuk membuat lukis wajah.

Penutup

Setelah membaca artikel diatas, harapan kami tulisan in dapat membuka wawasan pembaca tentang dunia seni lukis dan akan membuat pembaca semakin memahami bahwa terdapat banyak sekali jenis-jenis kuas lukis yang beredar diluar, dimana tiap-tiap jenis memiliki karakter yang berbeda. Untuk itu diperlukan kejelian sebelum memutuskan untuk membeli.

Jika Anda memiliki rekomendasi jenis kuas lain, jangan sungkan untuk memberitahu kami di kolom komentar!

Dapatkan Informasi Diskon dan Update Blog Terbaru

Daftarkan email Anda sekarang

Kami menghargai privasi Anda

Categories: Post

2 Comments

Eko · September 28, 2017 at 4:14 pm

Makasih, informasi di websitenya selalu menarik gan.

    jurusketsa · September 28, 2017 at 4:16 pm

    Sama-sama mas Eko, silakan ikuti terus update kami 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Post

7 Langkah Meningkatkan Kemampuan Menggambar

Salah hal fundamental di dalam penciptaan karya seni adalah menggambar. Terlepas kita berprofesi sebagai pelukis, pemahat, atau pembuat sketsa, menggambar merupakan salah satu proses kerja yang terlibat di dalamnya. Celakanya beberapa orang menganggap dan mengamini Read more…

Post

Kiat Memilih Cat Untuk Lukisan

Apakah Anda berminat untuk belajar membuat lukisan? Jika iya, maka Anda harus mampu memilih mana saja cat yang cocok untuk lukisan. Pada umumnya, cat yang digunakan adalah acrylic, cat minyak, cat warna, dan pastel. Masing-masing Read more…

Post

Pensil Untuk Sketsa (Rekomendasi Memilih Pensil Untuk Pemula)

Menggambar sketsa merupakan aktivitas yang menyenangkan, selain membantu melatih fungsi ingatan, aktivitas ini juga nyaris dapat dilakukan oleh siapa saja dan tidak membutuhkan peralatan yang mahal. Di dalam membuat sketsa, peranti yang digunakan memiliki pengaruh Read more…