meningkatkan-kemampuan-menggambar

sumber: drawingacademy.com

Salah hal fundamental di dalam penciptaan karya seni adalah menggambar. Terlepas kita berprofesi sebagai pelukis, pemahat, atau pembuat sketsa, menggambar merupakan salah satu proses kerja yang terlibat di dalamnya.

Celakanya beberapa orang menganggap dan mengamini bahwa kemampuan menggambar merupakan “bawaan manusia sejak lahir yang hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu“, atau istilah kasarnya “beberapa orang memang tidak becus menggambar“.

Padahal menggambar merupakan salah satu hal yang bisa dipelajari, asal tahu caranya. Untuk itu kami menulis artikel tentang bagaimana cara meningkatkan kemampuan menggambar. Semoga tulisan ini dapat membantu pembaca sekalian!

1. Mulai Praktek

Kamu tidak akan mengalami peningkatan skill jika tidak mulai bersentuhan dengan bidang yang ingin kamu kuasai. Ambil buku gambar dan mulailah menggambar!

2. Belajar Dari Seniman Lain

Melihat hasil kerja seniman lain merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan menggambar yang efektif. Pelajari cara mereka membuat garis, menggambar bentuk, dan lain-lain. Dengan cara ini kamu akan mengevaluasi diri dan mengetahui dimana letak kelebihan dan kekurangan  kamu.

3. Berdiri di Pundak Raksasa

Ini merupakan metafor yang dikenalkan oleh Bernard of Chartres.  Yang artinya “pelajarilah dari apapun yang telah mapan“. Apa yang dapat kamu pelajari dari nama-nama besar seperti Da Vinci dan Michaelangelo? Banyak sekali!. Melalui mereka kamu akan belajar bagaimana karya-karya besar diciptakan.

4. Belajar Melalui Foto

Bagi sebagian orang, sangat mudah untuk menggambar dua dimensi dari pada menciptakan obyek aktual. Ketika kamu sedang membuat gambar dengan  referensi yang berasal dari foto, lihatlah sudut, bentuk, dan angle tersebut. Jangan tiru mentah-mentah apa yang sudah ada.

5. Belajar Dari Benda di Sekitar

Jika kamu adalah seorang pemula, tirulah obyek apapun yang ada di sekitar. Jika kamu penyuka kopi, gambarlah cangkir kopi yang kamu miliki, jika kamu seorang fans Barcelona cobalah gambar Leonel Messi. Semakin sering kamu melakukan ini maka proses peningkatan kemampuan menggambarmu akan semakin cepat.

6. Kursus

Dengan memiliki mentor, artinya kamu telah memiliki seseorang yang dapat mengoreksi dan mengevaluasi hasil gambarmu. Terlebih saat ini mencari tempat kursus yang baik tidaklah sulit, silakan berselancar di internet dan temukan kursus menggambar pilihanmu.

7. Disiplin

Ini adalah bagian tersulit. Nyaris di dalam bidang apapun selalu membutuhkan komitmen dan disiplin yang tinggi jika ingin mencapai hasil maksimal. Jika kamu ingin meningkatkan kemampaun menggambar artinya kamu harus bersedia meluanggkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk terus menerus belajar. Tentu ini tidak mudah, tapi tidak ada cara lain selain ini.

Dapatkan Informasi Diskon dan Update Blog Terbaru

Daftarkan email Anda sekarang

Kami menghargai privasi Anda

Categories: Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Post

Panduan Memilih Kuas Lukis Untuk Pemula

Sebagian besar orang pasti telah mengetahui bahwa kuas merupakan peralatan wajib yang dimiliki seorang pelukis. Namun sangat sedikit yang mengetahui bahwa terdapat bermacam-macam kuas lukis, dimana masing-masing jenis memiliki karakter dan keunikan masing-masing. Hal ini Read more…

Post

Kiat Memilih Cat Untuk Lukisan

Apakah Anda berminat untuk belajar membuat lukisan? Jika iya, maka Anda harus mampu memilih mana saja cat yang cocok untuk lukisan. Pada umumnya, cat yang digunakan adalah acrylic, cat minyak, cat warna, dan pastel. Masing-masing Read more…

Post

Pensil Untuk Sketsa (Rekomendasi Memilih Pensil Untuk Pemula)

Menggambar sketsa merupakan aktivitas yang menyenangkan, selain membantu melatih fungsi ingatan, aktivitas ini juga nyaris dapat dilakukan oleh siapa saja dan tidak membutuhkan peralatan yang mahal. Di dalam membuat sketsa, peranti yang digunakan memiliki pengaruh Read more…